Minggu, 01 Desember 2013

tips belajar

sekitar seminggu lagi kita bakalan UAS (Ujian Akhir Semester) biasanya minggu-minggu ini banyak yang sibuk belajar, yang tadinya jarang belajar sekarang jadi sering belajar. Namun parahnya banyak siswa yang melakukan belajar dengan sistem kebut semalam, biasanya pas besoknya mau UAS malamnya baru ngapalin sampai-sampai malam itu gadang. akhirnya, pas di ruangan ujian kecapean karena kurang tidur dan yang paling paling parah gak bisa ngerjain soalkarena pusing dan tidak konsentrasi. inilah cara yang salah dalam cara belajar siswa jaman sekarang.

kita bisa manfaatkan dalam waktu seminggu ini dari pada nanti pas besoknya mau ulangan sibuk belajar,padahal ituadalah waktu kita untuk masa untuk mengistirahatkan otak.
Ini dia tips buat seminggu ini supaya konsen belajar

1. Niatkan untuk serius belajar
       Semuanya harus di mulai dari niat belajar yang serius, bila udah gak ada niat sama sekali maka belajar gak akan pernah serius. tekadkan dalam hati bahwa kita harus bisa ngerjain soal-soal UAS sesulit apapun, yakinlah bahwa kamu pasti bisa walaupun hanya dengan waktu belajar yang sedikit, namun setidaknya kamu sudah berusaha.

2. Buat jadwal belajar
biasanya kalau gak di jadwal kita bakalan belajar semau kita, itulah cara yang salah yang nantinya akan membuat kita jadi malam. buatlah jadwal sesuai waktu luang kamu, seperti setelah istirahat sesudah pulang sekolah, pas sebelum tidur.

3. Rubah kebiasaan
  Buat yang biasanya pas sore atau malam suka nonton tv atau brosing atau nongkrong lebih baik ganti kebiasaan tersebut dengan belajar, bila sudah sumpek belajar baru melakukannya hanya untuk selingan.

4. Kurangi kontak dengan teman dekat
ini bagi yang punya pacar sebaiknya minta waktu sama pacarnya supaya membatas kontekan seperti telepon,sms, dan BBM. buat pacar anda mengerti bahwa anda sebentar lagi akan ujian.

5. belajar kelompok
cara efektif belajar yaitu kerja kelompok, kita akan lebih bisa mempelajari beberapa soaldengan bantuan teman disaat kita tidak bisa menyelesaikannya, biasanya penjelasan dari teman lebih masukdari pada penjelasan dari guru.

6. cari tempat belajar yang nyaman
kita biasanya butuh suasana yang tenang untuk mencerna sebuah pelajaran, biasanya saat belajar di rumah kita suntuk,jadi kita butuh udara segar seperti ditaman.

7. atur waktu
jangan terlalu sibuk belajar hingga lupa waktu untuk makan dan lain-lain, bila badan memang sudah tidak menduking sudahi saja belajar rehat untuk sebentar untuk menenangkan otak, seperti untuk main games dulu.

itulah tips belajar dari saya, manfaatkan waktu yang singkat ini......
semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar